KPL 1 Kependidikan Secara Online: Bagaimana??

Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) Kependidikan 1 Semester Gasal dilakukan secara Online. Lho kok bisa? bagaimana pelaksanaannya?

KPL 1 Biologi dilakukan mulai tanggal 16 dan 17 Juli 2020 dengan kegiatan pembagian KI dan KD kepada kelompok. Setelah itu, barulah diskusi dengan dosen pendamping KPL.

Belajar, Mengajar, Secara Online? Siswanya bagaimana belajarnya? Ribet amat ish….

Hohoho… thats right… ribet lho menyiapkannya. Tapi ini karena tidak terbiasa saja sebenarnya. Proses persiapan sama saja ketika mau mengajar di kelas (Offline). Guru-guru juga sudah belajar pada semester lalu. Jadi proses semacam ini bukan hal yang sangat baru di bidang pendidikan.

Bagaimana proses pembelajarannya? ya… secara ONLINE / DARING. pada pembelajaran daring, dikenal 2 istilah, yaitu Sinkron dan Asinkron. Pembelajaran Sinkron yaitu pembelajaran yang dilakukan pada waktu yang bersamaan, meskipun dalam tempat yang berbeda. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa alat, seperti Google Meet, Zoom, Microsoft Team, atau media video call lainnya. Selain itu, pembelajaran dengan teks melalui WA ataupun Telegram pada waktu yang bersamaan dapat juga disebut dengan pembelajaran Sinkron.

Pembelajaran Asinkron dapat dilakukan pada waktu dan tempat yang berbeda. Misalnya pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya dengan modul atau bahan ajar lain, tanpa adanya tatap muka (meskipun pada jarak jauh) pada waktu yang sama. Pembelajaran biasanya dibantu dengan suatu Learning Management System (LMS), sebagai contoh adalah SIPEJAR yang digunakan di Universitas Negeri Malang, Edmodo, Google Classroom dan lain sebagainya.

Nah… dalam proses belajar di KPL ini, yaitu pada tanggal 20 sampai 30 Juli 2020, mahasiswa KPL akan belajar merancang dan melaksanakan pembelajaran secara daring, baik itu sinkron ataupun asinkron. Tantangan baru yang berbeda dengan KPL sebelumnya, yang sebagian besar berupa Blended Learning. Well… Hal yang berbeda dan tentu akan menarik kedepan. Nantikan hasilnya…

[To be Continued…]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *